Cara buka usaha di Arab Saudi, Ada yang Mau Mencobanya ?

Cara buka usaha di Arab Saudi, Ada yang Mau Mencobanya ? Menarik untuk dicoba, Namun sebelumnya pahami dulu apa saja yang mesti disiapkan. 

Baca Juga : The Best Hotels in Madinah Near Masjid Nabawi



Cara membuka usaha di Arab Saudi

Sebagai salah satu ekonomi terkaya dan berkembang pesat di dunia, Arab Saudi merupakan destinasi menarik bagi para pengusaha yang ingin memulai bisnis. Negara ini dikenal karena cadangan minyaknya yang melimpah, namun juga cepat melakukan diversifikasi ekonominya dengan fokus pada teknologi, pariwisata, dan manufaktur.

Membuka perusahaan di Arab Saudi bisa menjadi usaha yang menguntungkan, mengingat ekonomi yang berkembang pesat dan lingkungan bisnis yang ramah. Namun, sebelum memasuki pasar, penting untuk memahami perkiraan biaya yang terlibat dalam memulai bisnis.

Dalam artikel ini, kami akan menguraikan berbagai pengeluaran yang terkait dengan membuka perusahaan di Arab Saudi untuk membantu Anda membuat keputusan yang terinformasi.

Cara Mengurus Izin Usaha di Arab Saudi

Untuk menjalankan bisnis di Arab Saudi, Anda harus mendapatkan izin usaha. Biaya izin tergantung pada jenis kegiatan yang akan Anda lakukan. Izin usaha komersial untuk perdagangan umum biayanya sekitar SAR 2.000 hingga SAR 10.000 (USD 533 hingga USD 2.667) per tahun.

Biaya Pendaftaran Perusahaan di Arab Saudi

Anda harus mendaftarkan perusahaan Anda di Otoritas Investasi Umum Arab Saudi (SAGIA), yang membawa biaya sekitar SAR 2.000 hingga SAR 5.000 (USD 533 hingga USD 1.333), tergantung pada jenis perusahaan yang akan Anda daftarkan.

Biaya Sewa Ruangan Kantor di Arab Saudi

Anda perlu menyewa ruang kantor untuk bisnis Anda, yang bisa menjadi investasi mahal di lokasi utama. Biaya sewa kantor yang sudah dilengkapi bisa berkisar antara SAR 20.000 hingga SAR 150.000 (USD 5.333 hingga USD 40.000) per tahun, tergantung pada lokasi dan ukurannya.

Biaya Pemerintah untuk buka perusahaan di Arab Saudi

Ada beberapa biaya pemerintah yang berlaku saat membuka perusahaan di Arab Saudi. Ini termasuk biaya visa, biaya izin kerja, dan berbagai biaya lainnya, yang dapat mencapai sekitar SAR 3.000 hingga SAR 10.000 (USD 800 hingga USD 2.667) per tahun.

Biaya Sponsor Lokal untuk buka perusahaan di Arab Saudi

Investor asing memerlukan sponsor atau agen lokal untuk membuka bisnis di Arab Saudi. Sponsor ini menagih biaya untuk layanan mereka, yang bisa berkisar antara SAR 10.000 hingga SAR 20.000 (USD 2.667 hingga USD 5.333) per tahun.

Kebutuhan Modal untuk buka perusahaan di Arab Saudi

Kebutuhan modal untuk membuka bisnis di Arab Saudi bergantung pada sifat dan ukuran bisnis tersebut. Kebutuhan minimumnya adalah SAR 500.000 (USD 133.333) untuk perusahaan dengan tanggung jawab terbatas (LLC). 

Baca Juga : Staycation in Saudi Arabia Skyscraper

Berita ini dikutip dari beberapa sumber salah satunya : Ha.ai dan Thinkdirect BPO, post April 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jahe Merah Instan Mojokerto Ijaaba adalah jahe merah bubuk di mojokerto

Jasa Konfeksi Kaos dan tas di Surabaya Sidoarjo | HP 081 216 111 400

Cara membersihkan pintu dan jendela UPVC Bekasi | Beli pintu UPVC di Rajanya Pintu Yuk!